Thursday, May 24, 2012

MULTIPLE INTELEGENT


MULTIPLE INTELEGENT
(KECEDASAN MAJEMUK)



Teori Multiple Intelligences bertujuan untuk  mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik. Howard Gardner (1993) menegaskan bahwa skala kecerdasan yang selama ini dipakai, ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja yang sukses untuk masa depan seseorang.
Menurut Gardner, kecerdasan seseorang meliputi unsur-unsur kecerdasan matematika logika, kecerdasan bahasa, kecerdasan musikal, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Secara rinci masing-masing kecerdasaan tersebut dijelaskan sebagai berikut :

1. Kecerdasan Verbal/Linguistik
Kecerdasan verbal adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan untuk berbicara dan menulis. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan mencoba mempelajari kata-kata baru setiap harinya. Caranya dengan membaca, mendengarkan berita di radio, melibatkan diri dalam perdebatan, dan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelas.

2. Kecerdasan Logikal/Matematika

Kecerdasan logikal ini melibatkan angka-angka dan penalaran. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan sering menyelesaikan perhitungan, mempelajari berbagai rumus, dan memecahkan teka-teki.

3. Kecerdasan Visual/Spasial
Kecerdasan visual/spasial melibatkan proses berpikir dalam bentuk lukisan atau gambar. Anda bisa mengaktifkan kecerdasan ini dengan menganalisis alat bantu visual dalam teks buku dengan memetakan pikiran dalam sebuah gambar, diagram/ bagan.

4. Kecerdasan Tubuh/Kinestetik
Kecerdasan tubuh/kinestetik melibatkan gerakan tubuh dan penanganan masalah. Kecerdasan ini dapat diaktifkan dengan menggunakan ketrampilan motorik Anda secara teratur. Contohnya, melakukan berbagai latihan olahraga, jogging, dan secara langsung aktif dalam berbagai kegiatan. Anda juga bisa mengaktifkan kecerdasan ini dengan mengerjakan tugas Anda di komputer.

5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan bermusik seperti irama dan nada. Aktifkanlah kecerdasan tipe ini dengan sering mendengarkan musik, memainkan alat musik, atau bernyanyi.

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan interpersonal melibatkan respons dalam hal suasana hati, motivasi, dan kebutuhan orang lain. Hal ini mengarah pada membangun suatu hubungan baik dengan orang lain dan menikmati pergaulan dengan orang lain. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan sering berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, debat pendapat, atau aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal mencakup harga diri, penghargaan terhadap diri sendiri, dan kesadaran diri. Kecerdasan tipe ini dapat diaktifkan dengan menguji secara kritis kekuatan dan kelemahan Anda.

8. Kecerdasan Natural
Kecerdasan natural adalah kecerdasan yang dapat menghargai dan memahami kondisi alam. Anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini dengan menjelajahi kondisi alam, yaitu dengan berkemah atau dengan mendaki gunung. Hal itu dapat membantu Anda memahami lingkungan alam.
Dengan mengaktifkan delapan kecerdasan di atas, Anda akan terbantu dalam menemukan bakat yang terpendam. Tak perlu menguasai seluruh kecerdasan itu, tetapi temukankan kecerdasan yang paling Anda kuasai dan hubungkanlah dengan sesuatu yang ingin Anda pelajari. (Berbagai Sumber)

InViTaTiOn

i N V i T a T i o N

(UNDANGAN)

Express Invitation
-         Would you like to …
-         Could you come to…
-         Would you mind coming to….
-         I wonder if you’d like to…
-         I’d like to invite you to …

  Accepting Invitation
-         I’d love to
-         Yes, I’d love to.
-         I’d be happy/ glad to accept
-         I’d be delight to
-         Yes, I’d like to very much

Declining Invitation
-         Thanks, But I have another schedule
-         I’d like to very much, but…
-         That’s very kind of you, but….
-         Thank anyway, but…

Example of Invitation
Example of Invitation
Diana, her friends Shinta and Toni are walking home from school. They are talking about a party at Diana’s house tonight.
Diana   : Shinta, I am going to have a party tonight. Would you like to       come?
Shinta  : I’d love to! By the way, what are you celebrating?
Diana   : I won the Science Olympics last week.
Shinta  : Congratulations. Wow, you’re very clever.
Diana   : Not at all. You just have to study harder. Will you come to my party?
Toni    : I’m sorry, I can’t. My parents are going to go to the hospital. I may be late getting to your party, is that all right?
Diana  : Yes, it’s all right as long as you are allowed by your parents.
Shinta : Hmm, speaking about parents, I have to call my father to ask his               permission.

PERTANYAAN
Complete the dialogues below using the expressions of accepting and declining invitation.
1. Your friend invites you to come to his/her house to do homework together.
Nia : Do you want to come to my house? We can do our homework together.
Adi : ____________________________________________
2. It is late in the evening, your friend asks you to come to his/her house for a drink.
Ajeng : Come and have a drink at my house.
Ika      : ____________________________________________
3. You are invited by your new friend to watch a footballmatch at the football stadium. Your favourite  team is going to play.
Bayu : Would you like to come and watch the football game with me? The                       Indonesian team is going to play against the All-Star team.
Ikbal : ____________________________________________