Saturday, June 2, 2012

http://news.detik.com/read/2012/06/02/150909/1931145/10/ini-rahasia-smpn-1-denpasar-raih-peringkat-tertinggi-se-indonesia?nd992203605



Ini Rahasia SMPN 1 Denpasar Raih Peringkat Tertinggi se-Indonesia 

 

 
 ilustrasi (abdurrahman/detikcom) 
 
 
Jakarta SMPN 1 Denpasar mengukir prestasi dengan menempatkan 11 siswanya dalam deret peringkat UN Terbaik. Kepala sekolah menjamin tak ada rekayasa dalam meraih prestasi itu. Penasaran rahasia di balik kesuksesan ini?

"Tidak ada rekayasa. Tidak ada bocoran soal. Kami meraih prestasi ini karena anak-anak belajar dengan baik dan terlatih," kata Kepala SMPN 1 Denpasar Anak Agung Gede Agung Rimbya Temaja kepada detikcom di sekolah, Jalan Surapati, Denpasar, Sabtu (2/6/2012).

Temaja mengatakan, jelang UN telah mewanti-wanti siswanya untuk tidak tergiur dengan bocoran soal. Ia menilai bocoran soal tersebut hanya jebakan dan menyesatkan siswa.

Dalam menempatkan 11 siswanya, termasuk siswi Ni Putu Tamara Bidari Suweta sebagai peringkat I se-Indonesia, SMPN 1 Denpasar melakukan pelatihan UN sejak duduk di kelas 7 SMP.

"Kelas 7-9 les sore untuk empat mata pelajaran yang diujikan di UN. Setiap pekan, siswa dites untuk mengetahui tingkat kemampuannya," kata Temaja.

Menjelang UN, Siswa kelas 9 SMPN 1 Denpasar akan mendapatkan latihan kisi-kisi materi yang diujikan. "Kami berikan kisi-kisi materi yang disediakan oleh pusat," ujar Temaja.

Kini, SMPN 1 Denpasar menjadi yang terbaik di Indonesia. Selain menempatkan 11 siswanya, sekolah terbaik di Denpasar ini juga menjadi sekolah dengan rata-rata UN tertinggi, yaitu 9,65.

(gds/asp)

 



LET


CAUSATIVE "LET"
 
Let digunakan untuk menyatakan perintah dan saran apabila dialamatkan pada pendengar secra tidak langsung atau juga diberikan kepada pembicara maupun pendengarnya. Pola kalimat yang menggunakan Causative Let adalah sebagai berikut:

Let + Object + Verb 1

Berikut ini adalah beberapa penggunaan let dengan beberapa contoh:

   We can use let us (formal) or let’s (informal) to make suggestions or to give orders to a group that includes the speaker.
e.g: Let us pray, Let’s have a drink, OK, let’s all get moving.

Let me is used to ‘give instructions to oneself’; the expressions Let me see and Let me think are very common. 
e.g:   “What time do you want to have breakfast?”
        “Let me think. Yes, I reckon eight o’clock will be early 
         enough.”
   “Now what’s the best way to get to Manchester?
   "Let me see– suppose I take the M6 from Birmingham...

·    Let can also introduce a suggestion or order for someone or something else, not the speaker or hearer. This is common in formal and ceremonial language, but informal uses are also possible.
eg. Let the prayers begin.
 Let our enemies understand that we will not hesitate to defend  our territory and our interests, wherever they may be.
A: “Your boyfriend’s going out with another girl.”
B: “Let him be. I don’t care.”

Make the imperatives of the following sentences!
1.    Ask your friend to cook together.
2.    Add some salt by yourself.
3.    Ask your friend to make an aquarium together.
4.    Keep the water boiling.
5.    Ask your friend to have dinner in a new restaurant