RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
  | 
SMP | 
: | 
SMP NEGERI 3 MARDINGDING | 
  | 
Mata Pelajaran | 
: | 
Bahasa Inggris | 
  | 
Kelas/Semester | 
: | 
IX / Ganjil 
 | 
  | 
Standar Kompetensi | 
: | 
Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sederhana | 
  | 
Kompetensi
  Dasar | 
: | 
1.1  Merespon  makna
  yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat  sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
  berkaitan dengan lingkung sekitar | 
  | 
Indikator | 
: | 
-         
  Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
  berbentuk Command 
-         
  Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
  berbentuk Prohibition | 
  | 
Jenis Teks | 
: | 
Text fungsional pendek mengenai ”Command and Prohibition” | 
  | 
Aspek/Skill | 
: | 
Membaca | 
  | 
Alokasi
  Waktu | 
: | 
1
  x pertemuan (2 x 40 menit) 
 | 
A.   
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1.     
Mengidentifikasi makna yang terdapat pada
Command and Prohibition
2.     
Menemukan
informasi rinci pada Command and
Prohibition
B.    
Materi Pembelajaran
1.     
Teks/Gambar
fungsional pendek ”Command and
Prohibition” .
2.     
Kosakata terkait tema (Public Place; Adjective & Verb)
Contoh: School,
Hospital, Office, ect
C.   
Metode / Teknik : Three Phase Technique
D.   
Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan
Pendahuluan
-      Menjelaskan
pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang dikuasai siswa
-         
Bertanya
jawab mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan di tempat umum  (Perintah dan larangan)
2.       
Kegiatan Inti
-         
Memperhatikan
beberapa gambar yang ditemukan di tempat umum
-         
Membaca
gambar yang ditemukan di tempat umum
-         
Menentukan
kata, bentuk kata kerja, dan makna yang digunakan dalam gambar Command and
Prohibition
3.      Kegiatan
Penutup
-         
Menanyakan
kesulitan siswa dalam memahami Command and Prohibition
-         
Menyimpulkan
materi pembelajaran
-         
Menugaskan
siswa mencari simbol Command and
Prohibition dari koran atau
majalah
E.   Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran ”English In focus” for grade IX
2. Gambar/Simbol
yang berhubungan dengan Command and Prohibition
F.  
Penilaian
1. Teknik                     :
Tes tertulis
2. Bentuk                    :
Uraian
3. Instrumen                :
I.                   
Write down command/prohibition based
on the pictures
 1.
____________________________
        1.
____________________________ 
 2. ____________________________
      2. ____________________________  
 3.
____________________________
        3.
____________________________ 
 4. ____________________________
        4. ____________________________ 
 5. ____________________________
        5. ____________________________ 
 6. ____________________________
      6. ____________________________ 
 7. ____________________________
      7. ____________________________ 
- Pedoman Penilaian:
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal 
7 x 5 = 35   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 
 
- Rubrik Penilaian: 
 
  | 
Uraian | 
Skor | 
  | 
Isi benar,
  tata bahasa benar 
Isi benar,
  tata bahasa kurang tepat 
Isi dan tata
  bahasa kurang tepat 
Tidak
  menjawab | 
5 
3 
1 
0 | 
Mengetahui                                                                 Lau
Solu, ……………….
Kepala
SMP Negeri 3 Mardingding                           Guru
Mata Pelajaran                                                   
Pengarapen Sembiring                                             Debora
Junike Agape Hutabarat, S.Pd
NIP: 19620602 198403 1 002                                    NIP:
19840609 200803 2 001
note: Tugas Rumah (Homework)
Make the command or prohibition from these pictures! 
|  | 
| Add caption | 
|  | 
| Add caption | 
|  | 
| Add caption | 
|  | 
| Add caption | 
 
|  | 
| Add caption |