RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP
|
:
|
SMP NEGERI 3 MARDINGDING
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / Ganjil
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1 Merespon makna
yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkung sekitar
|
Indikator
|
:
|
-
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
berbentuk Command
-
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
berbentuk Prohibition
|
Jenis Teks
|
:
|
Text fungsional pendek mengenai ”Command and Prohibition”
|
Aspek/Skill
|
:
|
Membaca
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1
x pertemuan (2 x 40 menit)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1.
Mengidentifikasi makna yang terdapat pada
Command and Prohibition
2.
Menemukan
informasi rinci pada Command and
Prohibition
B. Materi Pembelajaran
1.
Teks/Gambar
fungsional pendek ”Command and
Prohibition” .
2.
Kosakata terkait tema (Public Place; Adjective & Verb)
Contoh: School,
Hospital, Office, ect
C. Metode / Teknik : Three Phase Technique
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan
Pendahuluan
- Menjelaskan
pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang dikuasai siswa
-
Bertanya
jawab mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan di tempat umum (Perintah dan larangan)
2.
Kegiatan Inti
-
Memperhatikan
beberapa gambar yang ditemukan di tempat umum
-
Membaca
gambar yang ditemukan di tempat umum
-
Menentukan
kata, bentuk kata kerja, dan makna yang digunakan dalam gambar Command and
Prohibition
3. Kegiatan
Penutup
-
Menanyakan
kesulitan siswa dalam memahami Command and Prohibition
-
Menyimpulkan
materi pembelajaran
-
Menugaskan
siswa mencari simbol Command and
Prohibition dari koran atau
majalah
E. Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran ”English In focus” for grade IX
2. Gambar/Simbol
yang berhubungan dengan Command and Prohibition
F. Penilaian
1. Teknik :
Tes tertulis
2. Bentuk :
Uraian
3. Instrumen :
I.
Write down command/prohibition based
on the pictures
1.
____________________________
2. ____________________________
3.
____________________________
4. ____________________________
5. ____________________________
6. ____________________________
7. ____________________________
- Pedoman Penilaian:
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal
7 x 5 = 35
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
- Rubrik Penilaian:
Uraian
|
Skor
|
Isi benar,
tata bahasa benar
Isi benar,
tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata
bahasa kurang tepat
Tidak
menjawab
|
5
3
1
0
|
Mengetahui Lau
Solu, ……………….
Kepala
SMP Negeri 3 Mardingding Guru
Mata Pelajaran
Pengarapen Sembiring Debora
Junike Agape Hutabarat, S.Pd
NIP: 19620602 198403 1 002 NIP:
19840609 200803 2 001
note: Tugas Rumah (Homework)
Make the command or prohibition from these pictures!
Add caption |
Add caption |
Add caption |
Add caption |
Add caption |
No comments:
Post a Comment