Monday, May 7, 2012

command & prohibition for 7




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP
:
SMP NEGERI 3 MARDINGDING
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
IX / Ganjil

Standar Kompetensi
:
1.   Membaca
Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sederhana
Kompetensi Dasar
:
1.1  Merespon  makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat  sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkung sekitar
Indikator
:
-          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk Command
-          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk Prohibition
Jenis Teks
:
Text fungsional pendek mengenai ”Command and Prohibition”
Aspek/Skill
:
Membaca
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (2 x 40 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi makna yang terdapat pada Command and Prohibition
2.      Menemukan informasi rinci pada Command and Prohibition

B.     Materi Pembelajaran

1.      Teks/Gambar fungsional pendek ”Command and Prohibition” .
2.      Kosakata terkait tema (Public Place; Adjective & Verb)
Contoh: School, Hospital, Office, ect

C.    Metode / Teknik : Three Phase Technique


D.    Langkah-langkah Kegiatan

1.      Kegiatan Pendahuluan
-      Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang dikuasai siswa
-          Bertanya jawab mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan di tempat umum  (Perintah dan larangan)

2.        Kegiatan Inti
-          Memperhatikan beberapa gambar yang ditemukan di tempat umum
-          Membaca gambar yang ditemukan di tempat umum
-          Menentukan kata, bentuk kata kerja, dan makna yang digunakan dalam gambar Command and Prohibition

3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami Command and Prohibition
-          Menyimpulkan materi pembelajaran
-          Menugaskan siswa mencari simbol Command and Prohibition dari koran atau majalah

E.  Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran ”English In focus” for grade IX
2. Gambar/Simbol yang berhubungan dengan Command and Prohibition

F.   Penilaian

1. Teknik                     : Tes tertulis
2. Bentuk                    : Uraian
3. Instrumen                :

I.                    Write down command/prohibition based on the pictures
        1. ____________________________
      2. ____________________________

        3. ____________________________

        4. ____________________________

        5. ____________________________

      6. ____________________________
      7. ____________________________

- Pedoman Penilaian:
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal  7 x 5 = 35  
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =

- Rubrik Penilaian:
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
5
3
1
0



Mengetahui                                                                 Lau Solu, ……………….
Kepala SMP Negeri 3 Mardingding                           Guru Mata Pelajaran                                                  




Pengarapen Sembiring                                             Debora Junike Agape Hutabarat, S.Pd
NIP: 19620602 198403 1 002                                    NIP: 19840609 200803 2 001




note: Tugas Rumah (Homework)

Make the command or prohibition from these pictures!



Add caption
Add caption


Add caption

Add caption

Add caption

No comments:

Post a Comment